Maulidani,, Dwi (2016) HUBUNGAN PENGUASAAN MAKNA KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 LANGSA TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111015_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 2123111015_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 2123111015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4. NIM. 2123111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 2123111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 2123111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 2123111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2123111015_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
12. NIM. 2123111015_BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
13. NIM. 2123111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penguasaan makna
kata terhadap kemampuan menulis puisi yang dilaksanakan pada bulan Mei 2016.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 9 Langsa Tahun
Pembelajaran 2015/2016. Populasi pada penelitian ini berjumlah 161 siswa yang
tersebar atas 7 kelas. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 1
kelas, yaitu kelas VIII.9.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dalam
bentuk kajian korelasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
korelasi Pearson (r) . Dari pengolahan data diperoleh hasil penguasaan makna
kata dengan rata-rata= 75,43, standar deviasi= 11,78 dan termasuk pada kategori
baik. Kemudian hasil kemampuan menulis puisi diperoleh rata-rata= 80,86,
standar deviasi= 8,39 dan termasuk pada kategori baik. Dari uji data hasil
penguasaan makna kata dan kemampuan menulis puisi didapat keduanya
berdistribusi normal dan memiliki hubungan yang berarti dan linier. Setelah uji
persyaratan analisis dipenuhi, maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan
diperoleh r= 0,929. Harga ini kemudian dikonsultasikan dengan sebesar
0,413 dengan taraf signifikansi 5%. Karena > , maka hipotesis nihil
(Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan makna kata terhadap
kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Langsa Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 113 |
Keywords: | Penguasaan; Makna Kata; Menulis Puisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 07:18 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19495 |