PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI KELAS X SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sihite, Lyly Indriyani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI KELAS X SMA NEGERI 1 TARUTUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.-NIM.-2123111047.-COVER.pdf]
Preview
Text
1.-NIM.-2123111047.-COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 2.-NIM.-2123111047.-APPROVAL-SHEET.pdf]
Preview
Text
2.-NIM.-2123111047.-APPROVAL-SHEET.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview
[thumbnail of 3.-NIM.-2123111047.-ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.-NIM.-2123111047.-ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4.-NIM.-2123111047.-PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.-NIM.-2123111047.-PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5.-NIM.-2123111047.-TABLE-OF-CONTET.pdf]
Preview
Text
5.-NIM.-2123111047.-TABLE-OF-CONTET.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 6.-NIM.-2123111047.-TABLES.pdf]
Preview
Text
6.-NIM.-2123111047.-TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 7.-NIM.-2123111047.-APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7.-NIM.-2123111047.-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8.-NIM.-2123111047.-CHAPTER-I.pdf]
Preview
Text
8.-NIM.-2123111047.-CHAPTER-I.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[thumbnail of 12.-NIM.-2123111047.-CHAPTER-V.pdf]
Preview
Text
12.-NIM.-2123111047.-CHAPTER-V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 13.-NIM.-2123111047.-BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13.-NIM.-2123111047.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 70 orang, 35 orang dari kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan 35 orang dari kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model Two Group Posttest - Only Control Design. Dari pengolahan data, diperoleh hasil Post-Test (X1) dengan nilai rata-rata = 77,14 dan standard deviasi = 8,30. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik dan cukup yakni 28,6% untuk kategori sangat baik, 51,1% untuk kategori baik dan 14,3% untuk kategori cukup. Hasil Post-Test (X2) dengan nilai rata-rata = 64,85 dan standard deviasi = 8,06. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baik, cukup, dan kurang yakni 40% untuk kategori baik, 51,43% untuk kategori cukup dan 8,57% untuk kategori kurang. Dari uji normalitas data hasil kelas post-test (X1) dan post-test (X2), menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 7,49. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34+35-1=34 dari df = diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 7,49 > 1,99, maka hipotesis diterima.
Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragra

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 085
Keywords: Model Pembelajaran; Ekspositori; Menulis Paragrap
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:10
Last Modified: 13 Sep 2016 07:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item
View Item