Rahmadani, Ayu (2016) ANALISIS BAHAN AJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 2123311009 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
02 NIM 2123311009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03 NIM 2123311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
04 NIM 2123311009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
05 NIM 2123311009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
06 NIM 2123311009 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
07 NIM 2123311009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
08 NIM 2123311009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
12 NIM 2123311009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
13 NIM 2123311009 BIBLIOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi, konsistensi, dan
kecukupan isi buku ajar Bahasa Indonesia kelas VIII dengan kurikulum yang
berlaku yaitu kurikulum 2013 yang dilihat dari kompetensi inti dan kompetensi
dasar yang ada pada kurikulum Bahasa Indonesia. Objek penelitian ini adalah
buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII. Instrumen penelitian ini ialah
lembar penilaian kesesuaian isi buku dengan kurikulum.
Buku yang dianalisis adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk
kelas VIII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 (edisi revisi). Buku teks Bahasa
Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak
unttuk digunakan.
Buku ini relevan dengan kurikulum yang berlaku. Dikatakan relevan
karena dari indikator yang dinalisis, buku ini sudah menyajikannya dengan baik
yang mana terdapat keberagaman nilai dan materinya mutakhir. Secara
keseluruhan terdapat 40 KD. 15 KD (47,5%) relevan, 18 KD sangat relevan
(37,5%) dan 6 KD tidak relevan (15%). Berdasarkan konsistensinya, buku ini
sudah konsisten. Indikator yang termasuk dalam prinsip konsistensi sebahagian
besar sudah dijabarkan dalam buku ini dengan sangat baik. Terdapat 17 KD
(42,5%) konsisten, 13 KD (32,5%) sangat konsisten, dan 10 KD (25%) tidak
konsisten. prinsip kecukupan terdapat 22 KD (55%) cukup, 18 KD (45%) sangat
cukup dan 0 KD (0%) tidak cukup. Dengan begitu buku teks ini layak digunakan
guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | sk-2016 IND 062 |
Keywords: | Bahasa Indonesia; Prinsip Relevansi; Konsistensi;Kecukupan. |
Subjects: | N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 04:53 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19481 |