Sari., Putie Mayang (2016) PENGARUH TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, MENAMBAHI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2123311061 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
02. NIM 2123311061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
03. NIM 2123311061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
04. NIM 2123311061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
05. NIM 2123311061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
08. NIM 2123311061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 2123311061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
10. NIM 2123311061 BAB I.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
14. NIM 2123311061 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM 2123311061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks berita masih rendah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Budisatrya Medan tahun pembelajaran 2015/2016 dengan teknik 3M (Mengamati, Meniru, Menambahi). Sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Budisatrya Medan yang berjumlah 40 Siswa. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model (one group pre-tets dan post-test design). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sebelum dan sesudah menggunakan teknik 3M.
Sebelum diberikan teknik pembelajaran 3M, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Pada tes awal diperoleh skor rata-rata 65,7. Setelah itu melaksanakan tindakan perlakuan pada siswa dengan memberikan teknik 3M dalam menulis berita. Guru menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada sub pokok bahasan menulis teks berita dan guru menyajikan materi tentang menulis teks berita. Kegiatan inti guru mengarahkan siswa dalam menggunakan teknik 3M (Mengamati., Meniru, Menambahi), siswa mengamati teks berita yang diberikan lalu siswa meniru teks berita yang telah dilihatnya lalu menambahi unsur-unsur berita yang kurang lengkap. Lalu dilakukan test kedua dengan nilai rata-rata 79,9 termasuk kategori baik. Target pelaksanaan tindakan penelitian rata-rata 70 secara individual dan klasikal. Berdasarkan nilai to dan ttabel, maka dapat diketahui bahwa to > ttabel yakni 4,01 > 2,02. Dengan demikian hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik 3M berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 078 |
Keywords: | Teks Berita; Menulis; Teknik 3M. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 04:44 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19480 |