Surya S., Rahmat (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMA NEGERI 5 LANGSA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146174035 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8146174035 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (745kB) | Preview
3. NIM. 8146174035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 8146174035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 8146174035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM. 8146174035 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8146174035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8146174035 APENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 8146174035 BAB I.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
13. NIM. 8146174035 BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
14. NIM. 8146174035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan multi media terhadap: (1) Keterampilan proses sains pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 5 Langsa; (2) berpikir tingkat tinggi pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 5 Langsa; (3) keterampilan bertanya pada materi sistem pernapasan di SMA Negeri 5 Langsa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan sampel sebanyak tiga kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIA 1 menggunakan model discovery learning; Kelas XI MIA 2 menggunakan model discovery learning berbantuan multimedia dan; kelas XI MIA 3 menggunakan model direct interaction (kontrol). Instrumen penelitian berupa soal uraian untuk menguji keterampilan proses sains dan berpikir tingkat tinggi dan lembar observasi untuk melihat keterampilan bertanya siswa. Teknik analisa data menggunakan uji ANACOVA yang dilanjutkan dengan uji Tukey's pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan SPSS 21,0. Hasil penelitian menunjukan: (1) terdapat pengaruh signifikan model discovery learning berbantuan multimedia (92,057±5,585), discovery learning (81,458±11,647), dan direct interaction (73,417±13,682) terhadap keterampilan proses sains dengan nilai F=24,080, p=0,000; (2) terdapat pengaruh signifikan model discovery learning berbantuan multimedia (87,499±10,03), discovery learning (79,703±10,79), dan direct interaction (73,897±13,38) terhadap berpikir tingkat tinggi dengan nilai F=11,485, p=0,000; (3) Adanya pengaruh model discovery learning berbantuan multimedia terhadap keterampilan bertanya peserta didik, pada model discovery learning berbantuan multimedia lebih banyak yang bertanya dibandingkan dengan model pembelajaran discovery learning dan direct interaction pada materi sistem pernapasan di kelas XI SMA Negeri 5 Langsa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.107 12 Sur p |
Keywords: | Keterampilan proses sains; Berpikir tingkat tinggi; Keterampilan bertanya; Model discovery learning; Berbantuan multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 13 Sep 2016 03:56 |
Last Modified: | 13 Sep 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19473 |