STUDI KOMPARASI PERCEIVE MOTIVATION ARCS MODEL BERDASARKAN PERBEDAAN SPATIAL ABILITY MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MESIN-MESIN LISTRIK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF

Sriadhi (2015) STUDI KOMPARASI PERCEIVE MOTIVATION ARCS MODEL BERDASARKAN PERBEDAAN SPATIAL ABILITY MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN MESIN-MESIN LISTRIK BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 07 (02). 01-07. ISSN 0854-7468

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (698kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis multimedia interaktif terhadap perceive motivation bagi mahasiswa yang berbeda spatial ability. Penelitian dilakukan dalam mata kuliah Mesin Listrik, menggunakan kuasi eksperimen. Kelompok mahasiswa dengan spatial ability tinggi (H-SA) sebanyak 24 orang dan spatial ability rendah (L-SA) sebanyak 28 orang.Analisis data menggunakan statistik komparasi One-way Anova pada taraf α = 0,05. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam mata kuliah Mesin Listrik mendapatkan respon positif dari mahasiswa yaitu dengan mean skor perceive motivation 148,77 di atas mean skor ideal 90. Namun komparasi berdasarkan tingkat spatial ability mahasiswa, terbukti kelompok mahasiswa H-SA memiliki perceive motivation lebih rendah dibandingkan kelompok mahasiswa L-SA. Ini bermakna bahwa mahasiswa L-SA lebih membutuhkan multimedia pembelajaran interaktif dibandingkan dengan mahasiswa H-SA. Penelitian merekomendasikan bagi mahasiswa L-SA sebaiknya menggunakan multimedia interaktif agar proses pembelajaran berlangsung kondusif dan motivasi tinggi yang pada akhirnya akan meningkatkan capaian belajar.

Item Type: Article
Keywords: Multimedia; Perceive motivation; Spatial ability
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2000 Dynamoelectric machinery and auxiliaries Including generators, motors, transformers
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Sep 2016 06:40
Last Modified: 10 Jul 2017 08:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19469

Actions (login required)

View Item
View Item