Bunga,, Sri (2016) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EYD DALAM KARANGAN SISWA KELAS X SMK PELAYARAN BUANA BAHARI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123111078 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 2123111078 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (979kB) | Preview
3. NIM. 2123111078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 2123111078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 2123111078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 2123111078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2123111078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2123111078 BAB I.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
12. NIM. 2123111078 BAB V.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
13. NIM. 2123111078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengklasifikasikan bentuk kesalahan penggunaan EYD yang terdapat dalam karangan siswa kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari tahun pembelajaran 2015/2016, mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan tersebut, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dan siswa untuk mengurangi kesalahan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan termasuk penelitian studi kasus. Sumber data berasal dari dokumen berupa karangan siswa dan narasumber (informan) yang terdiri dari guru bahasa Indonesia serta siswa kelas X SMK Pelayaran Buana Bahari. Teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis jalinan atau mengalir yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap meliputi tahap prapenelitian, pelaksanaan penelitian, dan penyusunan laporan penelitian.
Simpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kesalahan penggunaan EYD yang sering terjadi pada karangan siswa, yaitu kesalahan pada tataran penggunaan huruf kapital, tanda baca titik, tanda baca koma, dan penulisan unsur serapan. Frekuensi kesalahan pada tataran penggunaan huruf kapital pada karangan siswa sebesar 48,84%, penggunaan tanda baca titik sebesar 17,92%, penggunaan tanda baca koma sebesar 16,58%, dan penulisan unsur serapan sebesar 16,65%. Kedua, kesalahan berbahasa yang sering terjadi dalam karangan siswa disebabkan oleh kurangnya perhatian siswa terhadap guru, penguasaan kaidah EYD siswa yang kurang memadai, kurangnya latihan menulis karangan, kurangnya waktu menulis karangan, dan siswa kurang teliti ketika membuat karangan. Ketiga, upaya yang dilakukan guru dan siswa untuk mengurangi kesalahan penggunaan EYD dalam karangan siswa diantaranya: memberi contoh terlebih dahulu, meningkatkan penguasaan kompetensi kaidah EYD, memperbanyak latihan menulis karangan, memberi waktu yang cukup kepada siswa saat membuat karangan, serta menerapkan teknik koreksi yang tepat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 111 |
Keywords: | Analisis Kesalahan; Karangan; EYD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P306 Translating and interpreting |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 09:18 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19439 |