HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGANALISIS OPINI EDITORIAL DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMK SATRIA MANDIRI PEMATANG BANDAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Putri, Desi Aga (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGANALISIS OPINI EDITORIAL DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI OLEH SISWA KELAS X SMK SATRIA MANDIRI PEMATANG BANDAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 2123311018_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2123311018_COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2123311018_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2123311018_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2123311018_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2123311018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2123311018_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2123311018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2123311018_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2123311018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2123311018_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2123311018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2123311018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2123311018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2123311018_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2123311018_BAB I.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2123311018_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2123311018_BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2123311018_DAFTAR  PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2123311018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara
kemamapuan menganalisis opini editorial dengan kemampuan menulis paragraf
argumentasi siswa kelas X TKJ SMK Satria Mandiri Pematang Bandar Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Metode penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Yaitu dalam
penelitian ini menjelaskan tentang hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa TKJ kelas X SMK Satria Mandiri Pematang Bandar Tahun
Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari tiga kelas. Sedangkan yang menjadi
sampel dalam penelitian adalah kelas X TKJ1 yang berjumlah 32 siswa. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahui normal
tidaknya data penelitian tiap variabel, uji homogenitas dilakukan untuk
mengetahui apakah data penelitian homegen atau tidak, uji lineritas dilakukan
untuk mengetahui apakah hubungan variabel bebas dengan variabel terikat
bersifat linier dan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis
dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menganalisis opini editorial
siswa kelas X SMK Satria Mandiri Pematang Bandar termasuk dalam kategori
baik dengan rata-rata 79,84 dan Kemampuan Menulis paragraf Argumentasi Siwa
Kelas X SMK Satria Mandiri Pematang Bandar termasuk dalam kategori cukup
dengan rata-rata 69,84.hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu
(6,493 > 1,697) maka hipotesis diterima yaitu terdapat hubungan yang positif
antara menganalisis opini editorial dengan kemampuan menulis paragraf
argumentasi oleh siswa kelas X SMK Satria Mandiri pematang Bandar tahun
pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 IND 115
Keywords: Opini Editorial; Paragraf Argumentasi; Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Sep 2016 07:18
Last Modified: 09 Sep 2016 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19429

Actions (login required)

View Item
View Item