Bangun, Enda Rezita (2016) KEMAMPUAN MEMPARAFRASEKAN PUISI “AKU” KARYA CHAIRIL ANWAR MENJADI PROSA OLEH SISWA KELAS X SMK SWASTA TAMANSISWA PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311024_COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM. 2123311024_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
3. NIM. 2123311024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM. 2123311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 2123311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
6. NIM. 2123311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7. NIM. 2123311024_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 2123311024_BAB I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
12. NIM. 2123311024_BAB V.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
13. NIM. 2123311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memparafrasekan
puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa oleh siswa kelas X SMK Swasta
Tamansiswa Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian
ini berjumlah 305 siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan 52 orang siswa yang
diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk
menjaring data adalah tes penugasan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah
kemampuan memparafrasekan puisi “AKU” karya Chairil Anwar menjadi prosa
oleh siswa kelas X SMK Swasta Tamansiswa Pematangsiantar tahun
pembelajaran 2015/2016 masuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 65.
Ada lima aspek yang dinilai dari kemampuan memparafrasekan puisi menjadi
prosa yaitu aspek kesesuaian tema, kemampuan mengubah kata bermakna
kias/konotasi dalam puisi menjadi bermakna sebenarnya, kemampuan mengubah
kata-kata sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana, ide pokok dan keefektifan
kalimat. Berdasarkan hasil penelitian, aspek kesesuaian tema memperoleh nilai
rata-rata tertinggi 87,5 yang berada pada kategori baik sekali. Aspek mengubah
kata bermakna kias/konotasi dalam puisi menjadi makna sebenarnya memperoleh
nilai rata-rata 75 yang berada pada kategori cukup. Aspek mengubah kata-kata
sulit menjadi kata atau uraian yang sederhana memperoleh nilai 71, 5 yang berada
pada kategori cukup. Aspek ide pokok memperoleh nilai 57,5 yang berada pada
kategori cukup dan aspek keefektifan kalimat memperoleh nilai 38,5 yang berada
pada kategori kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 IND 116 |
Keywords: | Parafrase; Puisi; Prosa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Sep 2016 04:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19424 |