Lumbangaol, Okberima (2016) PERANAN MATA PELAJARAN PKn DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI ANTAR SISWA KELAS VIII SMPN 35 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3123111057 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 3123111057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3. NIM. 3123111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 3123111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM. 3123111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 3123111057 TABLES.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
7. NIM. 3123111057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 3123111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
12. NIM. 3123111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 3123111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mata pelajaran PKn dalam membina sikap toleransi antar siswa dan upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dikelas VIII SMPN 35 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 35 Medan yang berjumlah 299 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 74 orang dengan mengambil 25% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan penyebaran angket dan wawancara. Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul. Penulis menggunakan tabel frekuensi dengan menggunakan rumus statistik sederhana (persentase).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan mata pelajaran PKn dalam membina sikap toleransi antara siswa sangat berperan. Hal ini dapat dilihat dari perilaku siswa yang selalu menjunjung tinggi sikap saling toleransi antar umat beragama, sesama siswa tidak pernah mempengaruhi siswa lain yang berbeda agama untuk memeluk suatu agama tertentu, saling menghormati teman yang berbeda suku, senang bergaul dengan teman yang berbeda suku dan saling membantu sesamanya. Tidak pernah ada permusuhan dan tidak ada pertentangan di antara mereka. Guru juga memberikan pemahaman tentang konsep pendidikan kewarganegaraan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam PKn serta mengajarkan kepada peserta didik sikap dan perilaku yang baik dan benar tentang toleransi dengan contoh sikap yang dapat ditiru dan diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, jelas bahwa peranan guru dan mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sudah berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan yang diajarkan dalam mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 015 |
Keywords: | Pendidikan kewarganegaraan; Pengertian toleransi; Upaya mewujudkan sikap toleransi |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2016 03:35 |
Last Modified: | 08 Sep 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19401 |