Fasya, Nurul Chairiza (2016) PERAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARANPPKN DI KELAS VIII SMPN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3121111006. COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. NIM. 3121111006. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 3121111006. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 3121111006. PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 3121111006. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 3121111006. TABLES.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
7. NIM. 3121111006. APPENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. NIM. 3121111006. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
12. NIM. 3121111006. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. NIM. 3121111006. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di Kelas VIII SMPN 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif sederhana yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan dan menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang yang akan dilakukan dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket yang berjumlah 15 pertanyaan dan diisi oleh responden (sampel).Adapun populasi di dalam penelitian ini adalahseluruh siswa siswi SMP N 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 294 Orang. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dengan mengambil 15% dari jumlah populasi dengan menggunakan acak sederhana (Random Sampling).Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan keluarga berperan sebanyak 62% dalam menentukan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN di kelas VII SMPN 1 Percut Sei Tuan.Upaya yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar adalah dengan cara selalu memperhatikan kegiatan belajar anak dengan cara selalu mengingatkan anak untuk belajar, memenuhi keperluan sekolah anak, memberikan motivasi kepada anak dan selalu menciptakan suasana rumah yang rapi dan nyaman agar anak dapat konsentrasi dalam belajar dan tercapainya prestasi belajar anak. Selain itu orang tua juga menanamkan sikap gotong royong, sikap toleransi, sopan santun dan juga menanamkan rasa tanggung jawab, disiplin serta tertib dalam diri anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 035 |
Keywords: | Lingkungan Keluarga; Prestasi Belajar Siswa;PKn |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 07:56 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19383 |