Siburian, Yemima (2016) HUBUNGAN PROFESIONAL GURU PPKn DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS X SMAN 1 DOLOKSANGGUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 3123311062 COVER.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
2 NIM. 3123311062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
4 NIM. 3123311062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3 NIM. 3123311062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5 NIM. 3123311062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6 NIM. 3123311062 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7 NIM. 3123311062 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8 NIM. 3123311062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
12 NIM. 3123311062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13 NIM. 3123311062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan profesional guru PPKn dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas X SMAN 1 Doloksanggul Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif karena bertujuan mengambarkan hubungan profesional guru PPKn dengan minat belajar siswa di kelas X. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Doloksanggul yang berjumlah 396 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah 20% dari populasi maka sampelnya adalah 79 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, studi dokumentasi, wawancara dan angket. Untuk menganalisis data yang terkumpul penulis menggunakan rumus korelasi Product Moment oleh Pearson. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,428 dengan N = 79, sementara nilai rtabel menunjukan pada angka 0,219. Dengan demikian rhitung > rtabel atau 0,428 > 0,219, pada taraf signifikan 5%. Sementara untuk menguji keberartian korelasi apakah signifikan maka harus dicari uji “t” dengan hasil yang diperoleh adalah thitung = 4,597 dengan harga ttabel = 1,990. Dengan demikian thitung > ttabel atau 4,597 > 1,990 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) = n-2 (79-2) = 77. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, dengan penafsiran bahwa terdapat hubungan pada tingkat sedang (42,8%) antara profesional guru PPKn dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan pada tingkat sedang antara profesional guru PPKn dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas X SMAN 1 Doloksanggul tahun pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 PKn 024 |
Keywords: | Profesional Guru; PPKn; Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 04:18 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19377 |