Suryatis, Hafni (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA DAN SELF-REGULATED LEARNING MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED DI SMP NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada pembelajaran dengan pendekatan ekspositori; 2) peningkatan self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih tinggi daripada pembelajaran dengan pendekatan ekspositori; 3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa; 4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-regulated learning siswa; 5) keragaman jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematik pada masing-masing pembelajaran. Jenis penelitian ini quasi eksperiment. Populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Sampel menggunakan random sampling terdiri dari kelas VII-1 diberi pendekatan open-ended dan kelas VIII-4 diberi pendekatan ekspositori. Instrumen penelitian yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematik dan angket self-regulated learning. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori, dengan nilai signifikan sebesar 0,010 < 0,05; 2) terdapat peningkatan self-regulated learning siswa yang diajarkan dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan ekspositori,dengan nilai signifikan sebesar 0,022 < 0,05; 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,425 > 0,05; 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap self-regulated learning siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,632 > 0,05; 5) proses penyelesaian jawaban siswa yang diajarkan pendekatan open-ended lebih bervariasi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan pendekatan ekspositori.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sur p |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematik; Self-regulated learning; Pendekatan open-ended |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Sep 2016 03:13 |
Last Modified: | 07 Sep 2016 03:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19369 |