Sihombing, Setia F.M. (2015) UPAYA MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PERMESINAN BUBUT DI KELAS XI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
5103121037 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5103121037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
5103121037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5103121037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5103121037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5103121037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
5103121037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5103121037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
5103121037 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
5103121037 BAB V.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
5103121037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya nilai rata – rata siswa pada mata pelajaran Teknik Permesinan Bubut dari jumlah 27 siswa hanya 13 siswa atau 48% dengan rata-rata yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimun yaitu 75. Dan 14 siswa atau 51% dikategorikan tidak tuntas. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Balige yang beralamat di Jln. Tarutung No 1 Kabupaten Toba Samosir. Objek penelitian ini adalah 1 kelas siswa kelas XI jurusan Teknik Produksi yang berjumlah 27 siswa. Subjek Penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bebebentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktifitas balajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Pada data awal/daftar kumpulan nilai formatif sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 70,93% dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 48,15 %. Pada tindakan siklus I dengan penerapan strategi Pembelajaran STAD diperoleh nilai rata-rata kelas 71,11 % dan persentase ketuntasan klasikal 59,25% dan nilai observasi aktivitas guru 83,92% dan Observasi aktivitas siswa 67,85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan strategi Pembelajaran STAD diperoleh nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi yaitu 76,67 %.jumlah persentase ketuntasan klasikal juga semakin meningkat hingga mencapai 88.88% dan nilai Observasi aktivitas guru 94,64% nilai observasi siswa semakin meningkat juga hingga mencapai 89,28%.Dapat disimpulkan bahwa Dengan penerapan strategi Pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik permesinan bubut di kelas XI SMK N 1 Balige tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Sih u |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD); Prestasi Belajar Teknik Pemesinan Bubut. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1480 Agricultural machinery. Farm machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19315 |