PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RIAS WAJAH MALAM HARI PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN.

Dwiyati, Wuri (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RIAS WAJAH MALAM HARI PADA SISWA SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5102144005 COVER.pdf]
Preview
Text
5102144005 COVER.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
5102144005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
5102144005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5102144005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5102144005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
5102144005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
5102144005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
5102144005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 BAB I.pdf]
Preview
Text
5102144005 BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 BAB V.pdf]
Preview
Text
5102144005 BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 5102144005 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5102144005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi rias wajah malam hari di kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 8 Medan dan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi tindakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran rias wajah malam hari dan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 8 Medan yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Observasi digunakan untuk mengetahui peran serta peserta didik dalam mengikuti pembelajaran rias wajah malam hari dengan penerapan model kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dan kesesuaian tindakan guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam materi pembelajaran. Dalam proses analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pelajaran rias wajah malam hari hal ini dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I menunjukkan angka 34,28% (12 siswa tuntas belajar dari jumlah 35 siswa aktif saat pembelajaran) meningkat pada siklus II persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 85,71% (30 siswa tuntas belajar dari 35 siswa aktif saat pembelajaran). Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II yaitu 51,43%. Rata-rata kelas pada siklus I menunjukkan 25,14 dan pada siklus II rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 44,85. Dan hasil observasi pengelolaan pembelajaran pada siklus II 3,83 juga meningkat dibanding siklus I 2,97.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646.724 071 9 Dwi p
Keywords: Hasil Belajar;Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe; STAD
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Feb 2017 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19308

Actions (login required)

View Item
View Item