Nainggolan, Melva Desi Marianisa (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMANGKASAN RAMBUT DI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR,. Undergraduate thesis, UNIMED.
5103344021 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (970kB) | Preview
5103344021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5103344021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5103344021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5103344021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5103344021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5103344021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5103344021 BAB 1.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
5103344021 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5103344021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar faktor motivasi siswa 2) untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dorongan orangtua pada mata pelajaran pemangkasan rambut graduasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif. Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Kecantikan Rambut SMK Negeri 3 Pematangsiantar yang seluruhnya 50 orang. Sampel Penelitian diambil dengan teknik purposive sampel maka sampel diambil dari jumlah keseluruhan populasi yaitu 50 orang siswa. Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan angket kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran pemangkasan rambut.Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil analisis faktor internal yaitu motivasi dalam mengikuti mata pelajaran pemangkasan rambut diantaranya hanya 60% siswa yang memiliki keinginan tinggi untuk mempelajari mata pelajaran pemangkasaan. Data hasil penelitian tentang faktor dukungan orang tua yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pemangkasan rambut masih tergolong cukup sebanyak 52%. Dilihat dukungan emosional yang tergolong cukup sebesar 44%. Jika dilihat dari faktor dukungan penghargaan yang diberikan orang tua siswa masih tergolong kurang sebesar 40% dan dukungan instrumental yang diberikan orang tua siswa juga masih kurang sebesar 52%. Sedangkan dukungan informasi yang diberikan orang tua siswa masih tergolong cukup sebesar 54%. Kecenderungan Faktor motivasi belajar yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pemangkasan rambut cenderung cenderung tinggi (Mo > Mi ) yaitu 51,95 > 50 sebanyak 7 (14%) memiliki kesulitan yang tinggi, 22 (44%) cukup, 15 (30%) sedikit, 6 (12%) sangat rendah ( tidak menemui kesulitan). Kecenderungan faktor dukungan orang tua yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran pemangkasan rambut masih cenderung rendah (Mo < Mi yaitu 51,83 < 52,5). Sebanyak 6 siswa ( 12%) memiliki dukungan yang tinggi, 19 siswa (38%) cukup, 17 (34%) sedikit, dan 8 (16%) sangat sedikit( tidak menemui kesulitan). Nilai skor rata-rata ideal (Mi) = 52,5 dan standar deviasi (SDi) = 10,5
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.724 071 Nai a |
Keywords: | Kesulitan Belajar, Pemangkasan Rambut |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 10:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19301 |