Farisa., Ferina (2015) ANALISIS MOTIVASI BERWIRAUSAHA PENGUSAHA SALON DI KELURAHAN SELAYANG KECAMATAN MEDAN SELAYANG.SALON DI KELURAHAN SELAYANG KECAMATAN MEDAN SELAYANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
508143020 COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
508143020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
508143020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
508143020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
508143020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
508143020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
508143020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
508143020 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
508143020 BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
508143020 BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
508143020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Usaha salon merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan melihat semakin tingginya aktifitas masyarakat yang membutuhkan perawatan dan penampilan yang lebih menarik, tidak hanya bagi wanita tetapi juga pada pria untuk semua usia. Banyak pengusaha salon yang mendirikan usahanya berdasarkan dorongan keluarga, hobi, maupun peluang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Motivasi Berwirausaha Pengusaha Salon Di Kelurahan Selayang Kecamatan Medan Selayang. Populasi dalam penelitian adalah salon-salon kecantikan yang terdapat di Kecamatan Medan Selayang sebanyak 31 salon kecantikan. Pengambilan sampel dari seluruh salon-salon kecantikan yang terdapat di Kecamatan Medan Selayang sebanyak 31 salon kecantikan. Metode pengumpulan data menggunakan angket motivasi berwirausaha pengusaha salon. Analisis data menggunakan tabulasi data dan membuat persentase kiat-kiat berwirausaha.Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pengusaha salon dalam berwirausaha cenderung tinggi. Hasil rata-rata data motivasi sebesar 105,32 dengan nilai tertinggi 133 dan nilai terendah 81. Motivasi intrinsik dalam berwirausaha dari segi faktor ekonomi menyatakan bahwa mereka memilih bahwa modal dalam berwirausaha salon kecantikan itu berasal dari mereka sendiri sebanyak 54,8%. Sedangkan dari segi faktor harga diri sebanyak 51,6% menyatakan setuju bahwa berwirausaha dengan membuka salon kecantikan untuk menunjukkan bahwa pengusaha bisa menjadi seorang wirausaha sukses. Kemudian dari faktor perasaan senang diperoleh sebanyak 48,4% menyatakan setuju bahwa hobi pengusaha dalam menata kecantikan memotivasi dirinya untuk berwirausaha di bidang salon kecantikan. Motivasi ekstrinsik yang dimiliki pengusaha salon dalam berwirausaha dari segi faktor lingkungan keluarga sebanyak 48,8% menyatakan setuju bahwa Keluarga selalu memberikan dukungan baik berupa modal maupun semangat dalam membuka usaha salon. Sedangkan dari faktor lingkungan masyarakat diperoleh sebanyak 45,2% menyatakan setuju bahwa lingkungan yang strategis sangat memberikan motivasi pengusaha dalam membuka salon kecantikan. Kemudian bila dilihat dari faktor peluang diperoleh sebanyak 51,6% menyatakan setuju bahwa kebutuhan masyarakat terhadap salon kecantikan terutama kaum wanita tidak menjadi motivasi pengusaha membuka usaha salon. Dan bila dilihat dari segi pendidikan sebanyak 51,6% menyatakan setuju bahwa Latar belakang pendidikan karyawan salon di tempat usaha salon, dapat mendukung kesuksesan berwirausaha di bidang salon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646 720 719 Far a |
Keywords: | Kewirasuhaan;Motivasi;Pengelolaan Usaha Salon |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Feb 2017 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19294 |