Lubis, Lisa Desfita (2014) PENGARUH PENERAPAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASILBELAJAR PERAWATAN KULIT WAJAH PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMKNEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509444006 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM. 509444006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 509444006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4. NIM. 509444006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM. 509444006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 509444006 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 509444006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM. 509444006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
10. NIM. 509444006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
14. NIM. 509444006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yangtidak menggunakan media grafis pada mata pelajaran perawatan kulit wajah. 2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media grafis pada matapelajaran perawatan kulit wajah. 3)Menganalisis pengaruh penerapan MediaGrafis terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran perawatan kulit wajah.Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – agustus 2014. Lokasi Penelitian diSMK N 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XKecantikan SMK Negeri 10 Medan yang berjumlah 72 orang. Sampel Penelitiandiambil dengan teknik total sampling, maka sampel diambil dari jumlahkeseluruhan populasi yaitu 72 orang. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes hasil belajar perawatan kulit wajah. Teknikanalisis data secara deskriptif. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah ujinormalitas, uji homogenitas dan uji hipootesis.Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar menggunakan media grafispada siswa Tata Kecantikan pada kelompok eksperimen dengan 36 respondenterdapat skor tertinggi 29 dan skor terendah 16 dengan rata-rata 23,833 dan Sd =3,130. Sedangkan Hasil belajar tanpa menggunakan media grafis pada siswa TataKecantikan pada kelompok kontrol dengan 36 responden terdapat skor tertinggi25 dan skor terendah 12 dengan rata-rata 18,722 dan Sd = 4,206. Hasil UjiNormalitas data dilakukan dengan uji liliefors pada taraf signifikansi 5%.Diperoleh Lo < Lt pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa sebaran datahasil belajar Perawatan Kulit Wajah kelompok eksperimen adalah berdistribusinormal dimana Lhitung (0.1304) < Ltabel (0.1477), dan sebaran data hasil belajarPerawatan Kulit Wajah kelompok Kontrol adalah juga berdistribusi normaldimana Lhitung (0.1348) < Ltabel (0.1477). Untuk mengetahui data homogendigunakan Uji-f sehingga diperoleh nilai fhitung (1.22) < ftabel (1.73). Maka dapatdisimpulkan kedua kelompok penelitian homogen. Untuk melihat pengaruhpembelajaran dengan menggunakan media grafis dan tidak menggunakan mediagrafis terhadap hasil belajar perawatan kulit wajah digunakan Uji-t hasilnyadiperoleh thitung untuk kedua kelompok penelitian adalah 3.347 sedangkan hargattabel adalah 1,67 pada taraf signifikansi  = 0.05. Dengan demikian harga thitung >ttabel yakni 3,347 > 1,67. Artinya terdapat pengaruh penerapan Media Grafisterhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran perawatan kulit wajah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.726 071 9 Lub p |
Keywords: | Hasil Belajar; Perawatan kulit wajah; Massage; Media grafis |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TX Home economics T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 14 Nov 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19242 |