Dalimunthe, Idrus Sardi (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DAN PEMBELAJARAN KLASIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PEMELIHARAAN SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONENNYA DI SMKS SINAR HARAPAN LUBUK PAKAM T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
daftar gambar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran menggunakan modul terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi pemeliharaan sistem pendingin kelas XI Teknik Kenderaan Ringan di SMKS Sinar Harapan Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman yang dilaksanakan di dua kelas XI Teknik Kenderaan Ringan yang berjumlah 62 siswa, yaitu kelas eksperiman terdiri dari 30 siswa dan kelas kontrol 32 siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunkaan modul, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran klasik.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 24 butir soal. Sebelum dilakukan tes di dua kelas tersebut, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasing – masing kelas.Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar pemeliharaan sistem pendingin siswa yang diajar dengan pembelajaran modul adalah 84,005, dan untuk hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran klasik adalah 77,991. Dari daftar distribusi t didapat thitung = 3,008 sedangkan ttabel = 2,00. Jadi , hipotesis Ho : μ1= μ2 ditolak dalam taraf nyata 0,05.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran menggunakan modul terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi pemeliharaan sistem pendingin di kelas XI teknik kenderaan ringan SMKS Sinar Harapan Lubuk Pakam tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.570 719 Dal p |
Keywords: | Model; Karakteristik; Keuntungan Pembelajaran; Cara Penyusunan; Pembelajaran Klasik; Sistek Pendingin |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19234 |