Liono, - (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 5 PEKANBARU. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Chapter I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
Chapter V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Surat pernyataan dan pengesahan.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan metode Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan metode Ceramah pada mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Kelas XI Teknik Sepeda Motor di SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di 2 kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas XI TSM1 dengan jumlah 31 siswa, kelas kontrol adalah kelas XI TSM2 dengan jumlah 28 siswa. Kedua kelas tersebut yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode Problem Based Learning dan metode Ceramah serta hasil belajar sistem bahan bakar bensin, pada kompetensi dasar mengidentifikasi komponen sistem bahan bakar. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi berupa pemberian tes hasil belajar. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 butir soal. Sebelum dilakukan tes di 2 kelas penelitian ini, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasing-masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Problem Based Learning sebesar 19,67 dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Ceramah sebesar 16,28. Dari daftar distribusi t dengan dk = 57 dan α = 0,05 didapat ttabel = 1,673. Sementara dari perhitungan dengan rumus uji t diperoleh thitung = 5,07. Maka, hipotesis Ha : µ1 > µ2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Ceramah pada mata pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin Kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 5 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 625.253 807 19 Lio p |
Keywords: | Metode Problem Learning; Metode Ceramah; Hasil Belajar; Sistem Bahan Bakar Bensin |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19231 |