Sirait, Manja Julkipli (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN SIKAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MENGINTERPRESTASIKAN GAMBAR TEKNIK KELAS X KOMPETENSI TKR SMK SWASTA YAPIM TARUNA STABAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (823kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
ABSTRACT B.INDO & ENGLAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Hubungan Motivasi Belajar dan Sikap Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Menginterprestasikan Gambar Teknik Kelas X Kompetensi TKR SMK Swasta Yapim Taruna Stabat T.A 2013/2014. Metode Penelitian bersifat deskriptif korelasional.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan (TKR) di SMK Swasta Yapim Taruna Stabat yang terdiri dari 1 Kelas yaitu kelas X TKR dan berjumlah 45 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian ditentukan dengan Monogram Harry King yang mana penentuan sampel diambil 75% dari jumlah populasi yang dilakukan secara acak menjadi 34 orang.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket untuk motivasi belajar dan sikap kreativitas belajar sedangkan untuk hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik menggunakan uji tes. Jumlah instrument motivasi belajar dan sikap kreativitas belajar sebanyak 32 pernyataan.pada angket motivasi belajar terdapat 30 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,879 tergolong sangat tinggi. Sedangkan pada sikap kreativitas belajar terdapat 30 pernyataan yang dinyatakan valid dengan reliabilitas 0,869 tergolong sangat tinggi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, analisis korelasi parsial dan analisis korelasi ganda pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara motivasi belajar terhadap hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik dan sikap kreativitas belajar ( r = 0,618) dan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara sikap kreativitas belajar terhadap hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik dan motivasi belajar ( r = 0,375).Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien determinasi antara motivasi belajar dan sikap kreativitas belajar dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik sebesar R2y.1.2 = 0,686. Ringkasan hasil analisis regresi tersebut sebagai berikut : Fh = 34,3 harga Ft = 5,34 pada taraf signifikansi 5%, sehingga Fh > Ft (34,3 > 5,34). Bahwa persamaan regresi Y = 0.0380 + 0,160067 X1 +0,622214 X2 dapat diterima hasil penelitian untuk menarik kesimpulan mengenai hubungan antara motivasi belajar dan sikap kreativitas belajar dengan hasil belajar menginterprestasikan gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Sir h |
Keywords: | Motivasi Belajar; Sikap Kreativitas; Menginterpretasikan Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19227 |