Apulina, Ita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MERAWAT KULIT KEPALA DAN RAMBUT (CREAMBATH) PADA SISWA KELAS X SMK PEMBANGUNAN DAERAH LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4. kata pengantar.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana hasil belajar merawat kulit kepala dan rambut (creambath) siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Bagaimana hasil belajar merawat kulit kepala dan rambut (creambath) siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Apakah hasil belajar merawat kulit kepala dan rambut (creambath) siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam yang terdiri dari dua kelas berjumlah 60 0rang. Yakni kelas X1 berjumlah 30 siswa dan kelas X2 berjumlah 30 orang yang diundi secara acak, dan 1 kelas terpilih sebagai kelompok perlakuan kooperatif tipe STAD sedangkan 1 kelas lagi sebagai kelompok pembanding dengan pembelajaran ekspositori. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah test hasil belajar yang berbentuk test objektif pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah perangkat test parametrik. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada pokok bahasan Merawat Kulit Kepala dan Rambut di kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Pada prê-test siswa memiliki nilai terendah yaitu = 47 sedangkan nilai tertinggi yaitu = 79 , dengan nilai rata-rata pre-test = 63. Setelah diberikan perlakuan dan diberikan post-test hasil belajar siswa meningkat dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi = 97 dengan nilai rata-rata post-test = 82. (2) Terdapat hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Ekspositori pada pokok bahasan Merawat Kulit Kepala Dan Rambut di kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam. Pada pre-test siswa memiliki nilai terendah yaitu = 45 sedangkan nilai tertinggi yaitu = 77, dengan nilai rata-rata pre-test = 63. Setelah diberikan perlakuan dan diberikan post-test hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata post test = 75. (3) Hasil analisis uji beda yang memakai uji t pihak kanan dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil belajar Merawat Kulit Kepala dan Rambut (creambath) yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi daripada hasil belajar model Ekspositori pada siswa kelas X SMK Pembangunan Daerah Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2013/2014. Hal ini terlihat dari nilai t hitung = 2,86 yang lebih besar dari t tabel 2,0021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.724 071 9 Apu p |
Keywords: | Perawatan Kulit Kepala; Rambut (Creambath); Pembelajaran Kooperatif; Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19220 |