Ginting, Nurainun Br (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR LAYANAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA SMK NEGERI 1 PANTAI CERMIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103342022 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 5103342022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. NIM. 5103342022 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. NIM. 5103342022 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM. 5103342022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6. NIM. 5103342022 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7. NIM. 5103342022 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8. NIM. 5103342022 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
9. NIM. 5103342022 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM. 5103342022 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM. 5103342022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh gambaran tentang peningkatan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar layanan makanan dan minuman antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran picture and picture. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akomodasi perhotelan SMK Negeri 1 Pantai Cermin dengan jumlah siswa seluruhnya adalah 60 siswa, yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas XII Akomodasi Perhotelan 1 disebut kelas kelompok I sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning/CTL) dan kelas XII Akomodasi Perhotelan2 disebut kelas kelompok II sebanyak 30 siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil analisis uji persyaratan data, baik data hasil belajar siswa pada kelas kelompok I maupun kelas kelompok II dinyatakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Sementara berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kelompok I dengan kelas kelompok II, dimana skor rata-rata pada kelas kelompok I sebesar 78,03 sedangkan skor rata-rata kelas kelompok II adalah sebesar 71,83. Adanya perbedaan hasil belajar tersebut, juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayan α =0,05, dimana thitung > ttabel yaitu (2,098 >1,59), yang berarti dalam penelitian hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching And Learning) lebih baik daripada model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar siswa di kelas XII SMK Negeri 1 Pantai Cermin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 641.307 19 |
Keywords: | Hasil Belajar; Layanan; Model Pembelajaran; Pembelajaran Picture And Picture |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 05:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19206 |