Siregar, Annita Selliana (2014) PENGARUH METODE DEMONSTRASI DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2.PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (366kB) | Preview
3. ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. ALL NEW SKRIPSI DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. ALL NEW DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
7. ALL NEW SKRIPSI DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8.ALL NEW SKRIPSI NITA BAB 1.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
12.ALL NEW SKRIPSI NITA BAB 5.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
13DAFTAR PUSTAKA new.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar MSPEM pada standard kompetensi Memahami prinsip kerja pengoperasian sistem kendali elektromagnetik pada siswa yang diajar dengan metode demonstrasi dan siswa yang diajar dengan metode ekspositori pada siswa kelas XI TITL SMK N 1 Lubuk Pakam Tahun Pengajaran 2014/2015.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang mana dalam pelaksanaannya sengaja diberikan perlakuan (treatment) kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswsa kelas XI TITL SMK N 1 lubuk pakam, berjumlah 2 kelas, kelas TITL 1 Berjumlah 35 orang dan kelas TITL 2 berjumlah 33 orang. Karena tidak ada kelas unggulan pengambilan sampel menggunakan teknik Vrovosive random sampling (Populasi Homogent). Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas,yaitu kelas eksperimen (kelas yang menggunakan metode demonstrasi) adalah kelas XI TITL 1 yang berjumlah 35 siswa dan kelas kontrolnya (kelas yang menggunakan metode ekspositori) adalah kelas XI TITL 2 yang berjumlah 33 siswa, dan total subjek yang akan diteliti sebanyak 68 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan hasil belajar MSPEM pada kompetensi dasar Memahami Pengendalian Pengoperasian Elektromagnetik. Nilai rata-rata post test siswa pada Kelas eksperimen sebesar 78,857 dan kelas kontrol sebesar 69.09. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf signifikasni 95% dan taraf nyata (α) sebesar 0,05. Uji normalitas pada Kelas eksperimen diperoleh Lhitung sebesar 0,045 dan Ltabel sebesar 0,149 karena Lhitung < Ltabel atau 0,045 < 0,149 maka data instrument pada kelas eksperimen pada kategori normal, dan Uji normalitas pada Kelas kontrol diperoleh Lhitung sebesar 0,011 dan Ltabel sebesar 0,154 maka data instrument pada kelas kontrol pada kategori normal. Uji Homogenitas Fh (Varian Kelas Kontrol/Kelas Eksperimen ) sebesar 1.115 dan Ft sebesar 1,837, karena Fhitung < Ftabel 1.115<1.837 maka seluruh varian homogen. Dengan pengujian hipotesis menggunkan uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa terdapat perbandingan hasil pembelajaran pada siswa yang diajar metode demonstrasi dengan metode ekspositori dilihat dari thitung 2.051 yang lebih besar dari ttabel 1.671, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar MsPEM; Metode Pembelajaran; Pembelajaran Demonstrasi; Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK3001 Distribution or transmission of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19184 |