PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOSMETIKA KECANTIKAN KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Sembiring, Siska (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KOSMETIKA KECANTIKAN KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 509344028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 509344028 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 509344028 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 509344028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 509344028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 509344028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 509344028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 509344028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 509344028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 509344028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 509344028 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 509344028 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 509344028 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 509344028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 509344028 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 509344028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 509344028 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 509344028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 509344028 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 509344028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana hasil belajar kosmetika kecantikan siswa kelas XI-1 SMK Negeri 3 Pematangsiantar dengan model Pembelajaran Konvensional, (2) bagaimana hasil belajar kosmetika kecantikan siswa kelas XI-2 SMK Negeri 3 Pematangsiantar menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, (3) apakah terdapat perbedaan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan model Pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar kosmetika kecantikan siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Kecantikan SMK Negeri 3 Pematangsiantar yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 50 orang siswa. Kedua Kelas digunakan sebagai sampel, sehingga kelas XI-1dilaksanakan model Pembelajaran Konvensional sedangkan XI-2 dilaksanakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran, dimana setiap kelas terdiri dari 25 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian quasi eksperimen.Berdasarkan hasil analisis data untuk kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw diperoleh skor rata-rata pretest = 24,33 dengan standar deviasi sebesar 3,023 sedangkan skor rata-rata postest = 26,88 dengan standar deviasi sebesar 2,712. Untuk kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional diperoleh skor rata-rata pretest = 23,2 dengan standar deviasi sebesar 3,415 sedangkan skor rata-rata postest = 24,75 dengan standar deviasi 3,506. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil uji thitung = 2,412, sedangkan ttabel = 1,676 pada α = 0,05 dimana thitung > ttabel = 2,412 > 1,676 sehingga diperoleh adanya pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi kosmetika kecantikan di kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 646.720 719 Sem p
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; Model konvensional; Kosmtikologi; Kosmetika tradisional.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TX Home economics > TX901 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 10 Oct 2016 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19181

Actions (login required)

View Item
View Item