Mulyandri, M. Syahri (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) DAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MENGOPERASIKAN SISTEM PENGENDALIAN ELEKTRMAGNETIK KELAS XI DI SMKNEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
3- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 BAB I.pdf - Published Version
Download (564kB) | Preview
12- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
13- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
15- M. SYAHRI MULYANDRI NIM 508331029 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (684kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Mengoperasikan Sistem Pengendalina Elektromagnetik pada pokok bahasan Memahami Prinsip Kerja Mengoperasikan Sistem Pengendalian Elektromagnetik yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT pada siswa kelas XI SMK Negeri 1(satu) Lubuk Pakam T.A 2014/2015.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dijaring dengan menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilakukan selama 3 pertemuan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1(satu) Lubuk Pakam T.A.2014/2015. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI-L1 (Sebelas Listrik Satu) jurusan yang berjumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik random, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran NHT) adalah kelas XI Listrik 1 yang berjumlah 34 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori) adalah kelas XI Listrik 2 yang berjumlah 34 siswa. Hasil belajar siswa pada pokok bahasan Memahami Prinsip Kerja Mengoperasikan Sistem Pengendalian Elektromagnetik yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT memiliki skor rata-rata 20,9 sedangkan dengan menggunakan Model Ekspositori memiliki skor rata-rata 15,323. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model Ekspositori pada mata pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik di kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.340 719 Mul p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Tipe NHT (Numbered Head Together); Pembelajaran Ekspositori |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19162 |