Irwan, - (2013) HUBUNGAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN DISIPLIN BELAJAR MAHASISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK MESIN PERIODE 2011-2012 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
061255110002 Judul.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
3. lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
061255110002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
061255110002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
061255110002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
061255110002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
061255110002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
061255110002 Bab I.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
061255110002 Bab V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
061255110002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler dan Disiplin Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa pendidikan teknik mesin yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pada periode 2011-2012 sebanyak 44 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik total sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 44 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket, Analisis data menggunakan teknik deskriptif, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan korelasi product moment.Dari hasil penelitian ekstrakurikuler menunjukkan bahwa 81,82 (36 orang) termasuk dalam kategori cenderung tinggi, dan hasil penelitian disiplin belajar 93,18% (41 orang) termasuk dalam kategori cenderung tinggi. Untuk uji normalitas data menggunakan rumus chi-kuadrat pada taraf 5% dengan dk=4, diperoleh variabel kegiatan ekstrakurikuler berdistribusi normal, karena 6,346 < 9,49, variabel disiplin belajar berdistribusi normal, karena 2,322< 9,49, dan variabel prestasi belajar berdistribusi normal karena 1,437<9,49. Sedangkan uji linieritas dan uji keberartian persamaan regresi, untuk persamaan regresi Y dan X1 diperoleh persamaan Y= 2,71 + 0,005X1 mempunyai hubungan yang linier pada taraf signifikasi 5% karena untuk uji linier > (1,6 < 2,02). Sedangkan , untuk persamaan regresi Y dan X2 diperoleh persamaan Y= 3,09 + 0,0037X2 mempunyai hubungan yang linier pada taraf signifikasi 5% karena untuk uji linier > (1,30 < 2,02).Dari hasil analisis korelasi diperoleh rxy untuk X1 sebesar 0,806 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=44 adalah sebesar 0,297. Dengan demikian rxy > rtabel atau 0,806 > 0,297. Sedangkan koefisien korelasi “t” sebesar 8,85 terlihat > yaitu (8,85 > 2,03) sesuai dengan kriteria. Sedangkan rxy untuk X2 sebesar 0,369 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N=44 adalah sebesar 0,297. Dengan demikian rxy > rtabel atau 0,369> 0,297. Sedangkan koefisien korelasi “t” sebesar 2,573 terlihat > yaitu (2,573 > 2,03) sesuai dengan kriteria. penerimaan dan penolakan hipotesis, maka hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Hubungan Kegiatan Ekstrakurikuler dan Disiplin Belajar Mahasiswa Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 11 Irw h |
Keywords: | Kegiatan Ekstrakurikuler; Disiplin Belajar; Prestasi Belajar; Mahasiswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19155 |