Hidayat, Samsul (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT MENGUASAI KONSEP DASAR MEMBACA GAMBAR TEKNIK (MGT) PADA SISWA KELAS X JURUSAN MESIN PRODUKSI DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2014 - 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 508321034 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 508321034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM. 508321034 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
4. NIM. 508321034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM. 508321034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 508321034 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7. NIM. 508321034 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. NIM. 508321034 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 508321034 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
10. NIM. 508321034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
14. NIM. 508321034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar dengan menggonakan metode Tutor Sebaya dengan pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Di SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM.Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental, yang dalam pelaksanaannya diberi perlakuan kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Permesinan sebanyak dua kelas. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas denganmetode pembelajaran Tutor Sebaya) berjumlah 33 siswa dan kelas kontrol (kelas dengan pembelajaran Konvensional) berjumlah 34 siswa, jadi total subjek yang akan diteliti sebanyak 67 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar menggambar teknik yang diajar dengan metode pembelajaran Tutor Sebaya lebih baik daripada hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen sebesar 24 dan rata-rata kelas kontrol 18,18. Untuk menguji normalitas data digunakan uji lilliefors pada taraf kepercayaan α = 0,05. Uji normalitas instrumen Menggambar Teknik yang diajar dengan metode pembelajaran Tutor Sebaya diperoleh Lhitung sebesar 0,0933 dan L tabel sebesar 0,1542 karena L_hitung < L_tabel atau 0,0933 < 0,1542, maka data instrumen pada kelas eksperimen pada kategori Normal. Uji normalitas instrumen dengan pembelajaran konvensional diperoleh L_hitung sebesar 0,9184 dan L_tabelsebesar 0,1519, karenaL_hitung < L_tabel atau 0,9184 < 0,1519, maka data instrumen kelas kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrumen hasil belajar Menggambar Teknik diperoleh F_hitung sebesar 1,05 dan F_tabel sebesar 1,84 karena F_hitung < F_tabel atau 1,05 < 1,84 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data hasil penelitian homogen.Dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa t_hitung = 8,35 yang lebih besar dari t_tabel yaitu 1,66. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Tutor Sebaya lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Menggambar Teknik pada siswa kelas X Di SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Hid p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Tutor Sebaya; Konvensional; Membaca; Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19144 |