Silalahi, Ahermadani (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANGENERATIF GENERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN IBB SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIKGAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
Doc 1cover.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Doc 2 abstrak.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Doc 3 K. Pengantar.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Doc 4 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Doc 5 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Doc 6 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Doc 7 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Doc 8 Bab I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
Doc 12 Bab V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Doc 13 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Doc 15 surat-surat.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan melalui model pembelajaran generatif Generative Learning siswa Kelas Program KeahlianTeknik Gambar Bangunan B SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran2013 2014 Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan B SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pelajaran 2013 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang Metode ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata rata aktivitas dan hasil siswa pada saat penelitian dilaksanakan Dari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada uji coba soal siklus Idiperoleh 17 soal yang valid dari 21 soal dan pada siklus II terdapat 17 soal yang valid dari 20 soal Indeks kesukaran siklus I terdapat 1 soal dalam kategori mudah 18 soal dalam kategori sedang dan 2 soal dalam kategori sukar Pada siklus II terdapat 6 soal dalam kategori mudah 11 soal dalam kategori sedang, dan 3 soal dalam kategori sukar Daya pembeda pada siklus I terdapat 10 soal dalam kategori baik 8 soal dalam kategori cukup dan 3 soal dalam kategori jelek sedangkan pada siklus II terdapat 7 soal dalam kategori baik 12 soal dalam kategori cukup, dan 1 soal dalam kategori jelek Uji reliabilitas pada siklus I r11 86 sangat tinggi dan pada siklus II r11 89 sangat tinggiPenelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan Setiap siklus terdiri dari tahapperencanaan tindakan pengamatan, dan refleksi Berdasarkan hasil evaluasi setiap pembelajaran dan berdasarkan observasi aktifitas siswa dalam penelitian iniditemukan siklus I nilai rata rata aktitas belajar siswa yaitu 67 73 meningkat menjadi81 25 pada siklus II Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 68 31 dan meningkatmenjadi 83 30 pada siklus II Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran generative Generative Learning dapat 1 meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar meningkatkan hasil belajar siswapada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 691 071 9 sil p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Ilmu bahan bangunan; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19142 |