Sinurat, Ricky Jakop (2014) PENERAPAN MODELPEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARPENGETAHUAN DASAR TEKNIK BANGUNAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBARBANGUNAN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUNAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509111031 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
2. NIM. 509111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
3. NIM. 509111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 509111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 509111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM. 509111031 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 509111031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 509111031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
9. NIM. 509111031 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
10. NIM. 509111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
14. NIM. 509111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pengetahuan dasar teknik bangunan program keahlian teknik gambar bangunan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi melalui model pembelajaran Cooperative Script Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2013 2014 dengan jumlah siswa 30 orangDari hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 17soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran soal diperoleh dengan katagori soal sedang 15 dan dalam katagori mudah 2 soal Uji reliabilitas 0 922 sangat tinggi dan pada siklus II diperoleh 15 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran soal diperoleh 13 soal sedang 1 soal sukar dan 1 soal sukar Daya beda soal diperoleh 5 soal baik sangat baik 5 soal 5 soal cukup uji reliabilitas 0 84tinggi Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan planning tindakan acting pengamatan observating dan refleksi reflecting Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasilbelajar Berdasarkan hasil evaluasi proses pada setiap pembelajaran danberdasarkan observasi keaktifan atau aktifitas siswa dalam penelitian ini,ditemukan siklus I nilai rata-rata aktitas belajar siswa yaitu 75 meningkat sebesar 10 menjadi 85 pada siklus II Untuk nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 70 22dan meningkat sebesar 12 menjadi 84 44 pada siklus II Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat 1 meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar 2 meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PengetahuanDasar teknik bangunan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 640 719 sin p |
Keywords: | Macam pasangan batu bata; Ikatan dinding; Penyusunan batubata |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Sep 2016 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19140 |