Hasibuan, Erni Fauziah (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK (MRL) PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 5102131004 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
NIM 5102131004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
NIM 5102131004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
NIM 5102131004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
NIM 5102131004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
NIM 5102131004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 5102131004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
NIM 5102131004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
NIM 5102131004 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
NIM 5102131004 BAB V.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
NIM 5102131004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X TITL yang berjumlah 72 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara teknik total sampling, dimana yang terpilih sebagai kelas eksperimen (kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah kelas X TITL 1 yang berjumlah 36 siswa, sedangkan yang terpilih sebagai kelas kontrol (kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Ekspositori) adalah kelas X TITL 5 yang juga berjumlah 36 siswa.Hasil belajar siswa pada pokok bahasan menganalisis rangkaian listrik yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki skor rata-rata 23,94 sedangkan dengan menggunakan Strategi Ekspositori memiliki skor rata-rata 16,69. Secara statistik dengan menggunakan uji-t disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Ekspositori pada pokok bahasan MRL di kelas X SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2013/ 2014, hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung> ttabel yaitu 13.43>1.6688.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.319 207 19 Has p |
Keywords: | Menganalisis Rangkain Listrik; Strategi Pembelajaran; Strategi PBL; Strategi Ekspositori; Muatan Listrik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19131 |