Utomo, Fandi Rizki (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RODA DAN BAN PADA SISWA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. SURAT PERNYATAAN TIDAK PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran roda dan ban pada kompetensi dasar mengidentifikasi konstruksi roda dan ban dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Swasta Teladan Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalampenelitian ini siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan I SMK Swasta TeladanMedan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 40 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 3 siklus, dimana setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 70,75 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 22 orang (55%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 55,83% tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai ratarata siswa 79,5 dengan ketuntasan belajar sebanyak 28 orang (70%) sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 70,8% tergolong dalam kategorisedang. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata siswa 89 dengan ketuntasan belajar sebanyak 36 orang (90%) yang telah tuntas dan 4 orang (10%) masih belum tuntas, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh rata-rata 82,9% tergolong tinggi. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran ProblemBased Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran roda dan ban pokok bahasan mengidentifikasi roda dan ban dari tindakan pada siklus I rataratahasil belajar 70,75 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 79,5 sedangkan pada siklus III rata-rata hasil belajar 89
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.248 01 9 Uto p |
Keywords: | Hasil belajar; Aktivitas siswa; Metode pembelajaran; Problem based learning (PBL); Roda dan ban |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19128 |