Parira, Akfadita Dika (2014) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MENGGERINDA PAHAT DAN ALAT POTONG UNTUK SISWA KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMKN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
DAFTAR REFERENSI.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan media video pembelajaran menggerinda pahat dan alat potong untuk siswakelas XI Teknik Pemesinan SMKN 2 Medan, dan mengetahui efektivitas media video pembelajaran menggerinda pahat dan alat potongyang telah dikembangakanuntuk siswakelas XI Teknik Pemesinan SMKN 2 Medan. Model pengembangan yang digunakan adalah pengembangan prosedural modelADDIE yaitu: (1) Analyze, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, (5) Evaluate. Evaluasi media pada tahap Implementasi dilakukan menggunakan desain penelitian eksperimen before-after. Hasil penelitian menunjukkan, penilaian oleh dua Ahli media pembelajaran, media berada pada kualifikasi “Baik” dengan persentase 79%. Penilaian oleh dua Ahli materi, media berada pada kualifikasi “Baik” dengan persentase 84%. Penilaian oleh dua Guru teknik pemesinan, media berada pada kualifikasi “Sangat Baik” dengan persentase 88%. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran sebesar 74,33 dan 84,77 pada kompetensi menggerinda pahat bubut rata kanan. Kemudian pada kompetensi menggerinda mata bor rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah adalah 71,5 dan 82,88. Dengan demikian media video pembelajaran menggerinda pahat dan alat potong yang dikembangkan efektif, dan signifikan dengan α=0.05, dk=17, thitung= -10,05 dan ttabel= 2,10 pada hasil belajar siswa menggerinda pahat rata kanan, kemudian α=0.05, dk=17,thitung= -11,20 dan ttabel= 2,10 pada hasil belajar siswa menggerinda mata bor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.930 719 Par p |
Keywords: | Kompetensi; Menggerinda pahat; Alat potong; Media pembelajaran; Media video; Strategi pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19125 |