Sari, Waras (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI I PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (668kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik pada kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri I Percut Sei Tuan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri I Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 24 orang dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata diklat Dasar-dasar Gambar Teknik sub kompetensi teori Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik dengan model pembelajaran TPS. Dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 63,88 % meningkat pada siklus II menjadi 85,28 %. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 19,01 % kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 70,20 % penilaian aktif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar Dasar-dasar Gambar Teknik sub kompetensi teori Menerapkan Dasar-dasar Gambar Teknik di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri I Percut Sei Tuan. Selain itu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Dasar-dasar Gambar Teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Sar |
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Tipe TPS; Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19119 |