Sarumpaet, Bram Kritopel (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS (LEARNING CYCLE) UNTUK MENINGKATKAN HASILA BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
2. NIM. 508311012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
3. NIM. 508311012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM. 508311012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 508311012 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. NIM. 508311012 TABLES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7. NIM. 508311012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 508311012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. NIM. 508311012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
10. NIM. 508311012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
14. NIM. 508311012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pada kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XIB Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang sampelnya diambil secara intackgrup, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata keaktifan siswa dan hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu di ujicobakan dan dilanjutkan dengan uji validitas dan reliabilitas. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan teknik analisis data secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu mencari nilai rata-rata, persentase keberhasilan belajar.Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus dari siklus pertama skor aktivitas siswa rata-rata 75,23 % meningkat menjadi 84,33 % pada siklus ke dua. Selanjutnya peningkatan hasil belajar siswa juga terjadi, pada siklus pertama dengan rata-rata 74,71 meningkat menjadi 88,71 pada siklus kedua.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran bermakna dengan penerapan Strategi Pembelajaran Siklus (learning Cycle) dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 692.5 Sar p |
Keywords: | Belajar; Siswa; Biaya bangunan. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19110 |