Hasibuan, Ali Akbar (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK DASAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2.PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
5.DAFTAR ISI Skripsi.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9.BAB I.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13.BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Menggambar Teknik Dasar Pada siswa kelas X di SMK Negeri 2 Binjai dengan menerapkan Model Problem Based Instruction (PBI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, metode penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa pada saat penelitian dilaksanakan.Sebelum penelitian ini dilakukan terlebih dahulu tes hasil belajar menggambar teknik dasar di uji cobakan dilanjutkan dengan uji validitas dan reabilitas. Untuk perhitungan uji validitas butir digunakan rumus Biserial dan uji reabilitas digunakan K-R 20. Suatu butir tes dikatakan valid apabila rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5%. Dengan hasil tes digunakan 26 soal dengan nilai r11=0,81 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus 1 dan 26 soal dengan nilai r11=0,83 maka reliabilitas soal adalah tinggi untuk siklus 2.Hasil penelitian dengan menerapkan Model Problem Based Instruction (PBI) pada siklus I aktivitas belajar siswa belum mengalami peningkatan, tetapi setelah dilakukan siklus II aktivitas siswa meningkat. Dimana aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori Tidak Baik (TB) adalah sebanyak 12 orang siswa, kategori Kurang Baik (KB) adalah sebanyak 7 orang siswa, kategori Cukup Baik (CB) adalah sebanyak 9 orang siswa, kategori Baik (B) adalah sebanyak 6 orang siswa, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu untuk kategori Tidak Baik (TB), Kurang Baik (KB) tidak ada, kategori Cukup Baik (CB) dari 9 orang siswa menjadi 7 orang siswa, kategori Baik (B) dari 6 orang siswa menjadi 19 orang siswa dan kategori Sangat Baik (SB) dari nol menjadi 8 orang siswa.Rata-rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa setelah dilakukan penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) mengalami peningkatan, dimana dari siklus I nilai rata- rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa adalah 72 dengan keterangan siswa tidak kompeten 3 orang, kurang kompeten 14 orang, cukup kompeten 7 orang, kompeten 10 orang, dan yang sangat kompeten tidak ada. Pada siklus II nilai rata - rata hasil belajar menggambar teknik dasar siswa meningkat menjadi 85 dengan keterangan siswa yang sangat kompeten 10 orang, kompeten 16 orang, cukup kompeten 8 orang, sudah tidak ada siswa yang kurang kompeten dan tidak kompeten. Maka peningkatan hasil belajar yang dicapai adalah 18,05%.Dari data-data hasil penelitian yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan menerapkan Model Problem Based Instruction (PBI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 604.207 19 Has u |
Keywords: | Belajar; Aktivitas belajar; Model pengajaran. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19109 |