Panjaitan, Azhar Saddam (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEALIHAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 RANTAU UTARA 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
surat pernyataan.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
lembar persetujuan.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
abstrak.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
daftar isi.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
daftar tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
daftar gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
bab 1.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
bab 5.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa 32 orangInstrument yang diujikan berupa tes dan lembar observasi Tes sebelum diujikan terlebih dahulu diuji cobakan untuk memperoleh tes yang memenuhi syarat Observasi yang dilakukan adalah observasi langsung dikelas Dari hasil ujicoba instrument di SMK Negeri 2 Rantau Utara kelas X teknik konstruksi bangunan yang dilakukan pada siklus I diperoleh 16 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukan soal diperoleh 14 soal mudah dan 2 soal sedang daya beda soal diperoleh 1 soal jelek 13 soal cukup, baik 2 soal uji reliabilitas diperoleh 0 881 reliabel dan pada siklus II 18 soal yang valid dari 20 soal indeks kesukaran soal diperoleh 2 soal mudah dan 16 soal sedang daya beda soal diperoleh 11 soal cukup 7 soal baik uji reliabilitas diperoleh 0 941 reliabelPenelitian ini dilakukan dalam dua siklus Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan planning tindakan acting pengamatan observating dan refleksi reflecting Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajarBerdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini ditemukan siklus I dengan nilai rata rata hasil belajar siswa yaitu 68 18 meningkat sebesar 12 03 sehingga menjadi 80 21 pada siklus II Untuk nilai rata rata aktivitas siswa pada siklus I yaitu 20 12 dan meningkat sebesar 50 39 sehingga menjadi 70 51 pada siklus II Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 691 071 9 pan p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Bahan bagunan; Kelebihan dan kekurangan PBAS; Kegiatan Guru |
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19096 |