Silalahi, Jastima Bakti (2014) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT LAS BUSUR MANUAL PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMK NEGERI 4 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER DAN HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
3. ABSTRAK DAN ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan kemandirian belajar dan pengetahuan kewirausahaan dengan hasil belajar mata diklat las busur manual dan sekaligus untuk mengetahui tingkat kecenderungan kemandirian belajar, pengetahuan kewirausahaan, dan hasil belajar mata diklat las busur manual. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Pengelasan SMK Negeri 4 yang berjumlah 43 orang yang menurut tabel Krejcie dan Morgan pada taraf signifikan 5%, ditetapkan sampel penelitian dengan interpolasi menjadi 38 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan proporsional random sampling.Data variabel kemandirian belajar dijaring dengan menggunakan angket, pengetahuan kewirausahan dijaring dengan tes objektif sedangkan hasil belajar mata diklat las busur manual dijaring melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket kemandirian belajar dari 35 butir angket yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 30 butir angket dengan reliabilitas 0,882 yang tergolong pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan pengetahuan kewirausahaan dari 35 butir tes objektif yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 30 butir tes objektif dengan reliabilitas 0,929 yang termasuk ke dalam kategori sangat tinggi.Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata diklat las busur manual ry1.2 sebesar 0,715, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,320. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara pengetahuan kewirausahaan dengan hasil belajar mata diklat las busur manual ry2.1 sebesar 0,566, dimana harga ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,320. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara kemandirian belajar dan pengetahuan kewirausahaan secara bersama-sama dengan hasil belajar mata diklat las busur manual dengan koefisien korelasi R sebesar 0,851 sementara itu diperoleh koefisien korelasi determinasi R2 sebesar 0,724 yang berarti bahwa 72,4% hasil belajar mata diklat las busur manual dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan pengetahuan kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.977 071 9 Sil h |
Keywords: | Kemandirian; Belajar; Pengetahuan; Kewirausahaan; Hasil Belajar; Diklat Las Busur Manual |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 20 Aug 2018 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19092 |