Hasibuan, Yusniawati (2014) PENERAPAN METODE HYPNOTEACHING (MENGAJAR DENGAN HYPNOSIS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENGIDENTFIKASI ILMU BANGUNAN GEDUNG PADA SISWA KELAS X PADA PROGRAM TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 KISARAN TAHUN AJARAN 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. SURAT PERSETUJUAN,PERSETUJUAN,PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR .pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
13. BAB V.docxX.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Apakah dengan diterapkannya metode hypnoteaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengidentifikasi ilmu bangunan gedung? (2) Apakah penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan konsentrasi siswa saat belajar pada mata pelajaran mengidentifikasi ilmu bangunan gedung? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar mengidentifikasi ilmu bangunan gedung dengan penerapan metode hypnoteaching pada siswa kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Kisaran T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa/ siswi kelas X Program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Kisaran Kabupaten Asahan sebanyak 36 orang. Data penelitian diambil dari tes siswa dan lembar pengamatan. Instrument yang diujikan merupakan tes dan lembar observasi. Jumlah tes siklus I setelah diuji coba sebanyak 20 soal yang valid dari 25 soal. Sedangkan jumlah soal disiklus ke II sebanyak 21 soal yang valid dari 25 soal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat pada dua siklus pembelajaran yang berlangsung di kelas. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 24,48 % menjadi 70,78 % pada siklus II. Dan peningkatan hasil belajar Siklus I yaitu 61,11 % menjadi 94,44 % pada siklus II.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode hypnoteaching dapat 1) meningkatkan aktivitas belajar Mengidentfikasi Ilmu Bangunan Gedung 2) meningkatkan hasil belajar Mengidentfikasi Ilmu Bangunan Gedung. Pada mata pelajaran mengidentifikasi ilmu bangunan gedung pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 KIsaran Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 690.071 9 Has p |
Keywords: | Metode Pembelajaran; Metode Hynoteaching; Aktivitas Belajaran; Ilmu Bangunan Gedung; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 23 Aug 2018 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19084 |