Anditya, Mhd. (2014) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA SISWA KELAS X DI SMK SWASTA MELATI PERBAUNGAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 CAPER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2_pengesahan dan plagiat.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
6_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9_BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13_BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tipe Make A Match dengan metode Ceramah pada mata pelajaran kesehatan dan keselamatan kerja Kelas X Teknik otomotif di SMK Swasta Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di 2 kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas X To dengan jumlah 24 siswa, kelas kontrol adalah kelas X To dengan jumlah 26 siswa. Kedua kelas tersebut yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Make A Match dan metode Ceramah serta hasil belajar kesehatan dan keselamatan kerja, pada kompetensi dasar Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja.Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 butir soal. Sebelum dilakukan tes di 2 kelas penelitian ini, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasing-masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran tipe Make A Match sebesar 87,16 dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Ceramah sebesar 82,57. Dari daftar distribusi t dengan dk = 48 dan α = 0,05 didapat ttabel = 2,028. Sementara dari perhitungan dengan rumus uji t diperoleh thitung = 2,366. Maka, hipotesis H1 : µ1 > µ2 diterima.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi dasar Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja Kelas X Teknik Otomotif di SMK Swasta Melati Perbaungan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 620.107 19 And p |
Keywords: | K3; Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Make a Match; Metode Ceramah |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T55 Industrial safety. Industrial accident prevention |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19075 |