Suhastra, Eggi (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDERAAN RINGAN (TKR) SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Eggi Suhastra: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas XI Teknik Kenderaan Ringan (TKR) SMK SWASTA Budi Agung Medan. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. 2014.
Berpusatnya pelajaran Sistem Bahan Bakar Bensin kepada guru dianggap pelajaran yang membosankan dan menjenuhkan dalam proses pembelajaran karena kurang adanya interaksi antara guru dan siswa, sehingga membuat banyak siswa yang belum memahami materi pelajaran dengan baik sehingga hasil belajarnya rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa bensin pada kompetensi dasar pemeliharaan / servis sistem bahan bakar bensin
pada materi mengenal komponen fungsi dan cara kerja system bahan bakar bensin di kelas XI SMK Swasta Budi Agung Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di kelas XI Teknik Kenderaan Ringan (TKR).
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI Teknik Kenderaan Ringan I SMK SWASTA Budi Agung Medan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 30 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes dan lembar observasi. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 75 dan setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siklus II diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 87.6. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 21 orang (70%) dan setelah dilakukan tindakan siklus II sebanyak 26 orang (87.6%) yang telah tuntas,
sedangkan 4 orang (13.3%) masih belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 40.9% tergolong cukup Aktif, dan setelah dilakukan
siklus II diperoleh rata-rata 74.7% tergolong aktif.
Disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pemeliharaan / servis sistem bahan bakar bensin pada materi mengenal komponen fungsi dan cara kerja sistem bahan bakar bensin dari hasil nilai ujian rata-rata hasil belajar 60 kemudian dilakukan tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 75 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 87.6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.253 807 19 Suh u |
Keywords: | Hasil Belajar; Sistem Bahan Bakar; Mater Sistem; Model Pembelajaran Kooperatif; Interaksi Tatap Muka |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology > TP315 Fuel |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19068 |