Hasdian, Frensa (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MEMELIHARA/SERVICE SISTEM REM SISWA KELAS III DI SMK AKP GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_Cover skripsi.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2_Lembar Persembahan.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2_Surat Pernyataan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
5_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8_BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
12_BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
13_Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Memelihara/Service Sistem Rem siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan Media Animasi Macro media Flash dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III Di SMK AKP GALANG.Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekperimental, yang dalam pelaksanaanya diberikan perlakuan kepada kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III Kompetensi Keahlian Otomotif sebanyak dua kelas. Sampel dalam penelitian yaitu kelas eksperimen (kelas dengan Media Animasi Macro media Flash) sebanyak 31 orang dan kelas kontrol (kelas dengan pembelajaran konvensional) sebanyak 39 orang, jadi total subjek yang akan diteliti sebanyak 70 siswa.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar Memelihara/Service Sistem Rem yang diajar dengan Media Animasi Macro media Flash lebih baik daripada hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Nilai rata – rata pada kelompok eksperimen sebesar 16,87 dan rata – rata kelas kontrol 14,05. Untuk menguji normalitas data digunakan uji Lilliefors pada taraf kepercayaan α = 0,05. Uji normalitas instrumen Memelihara/Service Sistem Rem yang diajar dengan Media Animasi Macro media Flash diperoleh L Hitung sebesar 0,9719 dan L Tabel sebesar 1.5913 karena Lhitung < Ltabel atau 0,9719 <1.5913, maka data instrumen pada kelas eksperimen pada kategori Normal. Uji normalitas instrumen Dasar – Dasar Kejuruan Mesin dengan pembelajaran konvensional diperoleh Lhitung sebesar 0,1045 dan Ltabel sebesar 0,1566, karena Lhitung < Ltabel atau 0,1045 < 0,1566, maka data instrumen pada kelas kontrol pada kategori Normal. Uji homogenitas instrument hasil belajar Memelihhara/Service Sistem Rem diperoleh Fhitung sebesar 1,79 dan Ftabel sebesar 1,83 karena Fhitung < Ftabel atau 1,79< 1,83 maka seluruh varians adalah homogen, sehingga dapat disimpulkan seluruh data hasil penelitian homogen.Dengan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa thitung = 3,18 yang lebih besar dari ttabel yaitu1,669. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Animasi Macromedia Flash lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Memelihara/Service Sistem Rem pada siswa kelas III Di SMK AKP GALANG.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 629.246 071 9 Has p |
Keywords: | Media; Animasi; Macromedia; Hasil Belajar; Pemeliharaan/Service; Sistem Rem |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 07:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19057 |