Zebua, Ganda Putra (2014) HUBUNGAN KELENGKAPAN FASILITAS MENGGAMBAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X SMK-TI SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P.2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1_COVER SKRIPSI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2_lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
3_Abstrak ganda.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9_BAB I GANDA.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13_BAB V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
14_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kelengkapan fasilitas menggambar dan kecerdasan emosional dengan Hasil Belajar menggambar teknik pada siswa kelas X SMK-TI Swasta Budi Agung Medan T.P. 2013/2014 baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Dan untuk mengetahui tingkat kecenderungan kelengkapan fasilitas menggambar, kecerdasan emosional dan Hasil Belajar menggambar teknik. Metode penelitian ini bersifat deskriktif korelasional, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada saat penelitian dilakukan.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK-TI Swasta Budi Agung Medan TP. 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas, dengan jumlah 80 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan tabel Krajcei dan Morgan. Namun saat penelitian subjek yang didapatkan hanya sebanyak 51 siswa, dikarenakan suasana puasa dan pengurusan prakerin. Jumlah item pada angket kelengkapan fasilitas menggambar sebanyak 29 item yang valid dengan realibilitas 0,8510 tergolong sangat tinggi. Untuk angket kecerdasan emosional sebanyak 30 item yang valid dengan realibilitas 0,914 tergolong sangat tinggi.Hasil analisis data yang diperoleh kesimpulan terdapat hubungan yang signifikan antara kelengkapan fasilitas menggambar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik dengan korelasi product momen r = 0,29 dan analisis korelasi parsial rtabel = 0,266 dengan n = 56 dan terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik diperoleh korelasi product moment r = 0,39 dan analisis korelasi parsial rtabel = 0,266 dengan n = 56, pada taraf signifikan 5%. Analisis regresi ganda menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kelengkapan fasilitas menggambar dan kecerdasan emosional dengan Hasil Belajar menggambar teknik yang hasil persamaan regresi Ŷ = a0 + a1X1 + a2X2 berarti pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan Hasil Belajar menggambar teknik pada siswa kelas X SMK-TI Swasta Budi Agung Medan, perlu dilengkapi fasilitas menggambar dan peningkatan kecerdasan emosional selain IQ.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Zeb h |
Keywords: | Hasil Belajar; Menggambar Teknik; Kelengkapan Fasilitas Belajar; Kecerdasan; Emosional |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19038 |