Tambunan, Viargo Charly (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK 2 TRISAKTI PEMATANG SIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 071255120020 Cover.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
2. 071255120020 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. 071255120020 Abstrak.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. 071255120020 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 071255120020 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 071255120020 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7. 071255120020 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10. 071255120020 Bab I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
14. 071255120020 BAB V.pdf - Published Version
Download (130kB)
9. 071255120020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK 2 Trisakti Pematang Siantar yang terdiri dari 2 kelas sebanyak 58 siswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Data motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional siswa dijaring dengan menggunakan angket dan hasil belajar menggambar teknik dijaring dengan menggunakan test, yang sebelumnya instrument telah diuji coba di SMK Trisakti Lubuk Pakam. Uji coba instrument dihitung dengan menggunakan Korelasi Biserial dengan jumlah soal terdiri dari 39 butir soal pada angket motivasi berprestasi dan 41 butir soal pada angket kecerdasan emosional. Diperoleh 30 butir tes yang valid untuk motivasi berprestasi dengan reliabilitas 0,732; 30 butir tes yang valid untuk kecerdasan emosional dengan reliabilitas 0,776; dan 25 butir tes yang valid untuk hasil belajar menggambar teknik dengan reliabilitas 0,764. Dengan demikian ketiga variabel memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi.Tingkat kecenderungan motivasi berprestasi Siswa Kelas X SMK 2 Trisakti Pematang Siantar berada dalam kategori tinggi 81,03% sementara kecerdasan emosional berada dalam kategori tinggi 53,44% dan Hasil Belajar Mengambar teknik berada dalam kategori tinggi (sangat kompeten) 81,03%.Hasil analisis pengujian hipotesis dalam penelitian ini diperoleh bahwa 1) motivasi berprestasi dengan hasil belajar menggambar teknik (Ha diterima) dengan ry.1,2 = 0,2658 > rtabel = 0,258 dan besar thitung = 2,063 > ttabel = 2,003 ; 2) kecerdaan emosional dengan hasil belajar menggambar teknik (Ha diterima) dengan ry.2,1 = 0,3615 > rtabel = 0,258 dan besar thitung = 2,901 > ttabel = 2,003; 3) motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar menggambar teknik (Ha diterima) dengan R = 0,4731 > rtabel = 0,258 dan besar Fhitung = 7,9394> Ftabel = 3,164.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Tam h |
Keywords: | Motivasi Berprestasi; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar; Menggambar Teknik; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19037 |