Tambunan, Ahmad Taufiq (2014) PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR MEKANIK PRESISI KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 509121003 Cover.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. 509121003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
3. 509121003 Lembar Pengesahaan.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
4. 509121003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. 509121003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. 509121003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 509121003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10. 509121003 BAB I.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
14. 509121003 BAB V.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
9. 509121003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan pengaruh dua metode pembelajaran, inkuiri dan peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur mekanik presisi kelas X Mesin Produksi di SMK Negeri 2 Medan, tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperiman semu yang dilaksanakan di dua kelas X Mesin Produksi yang berjumlah 48 siswa, yaitu kelas A terdiri dari 23 siswa dan kelas B 25 siswa. Kelas A diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunkaan metode peta konsep, sedangkan kelas B diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum dilakukan tes di dua kelas tersebut, lebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda di masing – masing kelas dalam jangka waktu dan jumlah pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar alat ukur yang diajar dengan metode pembelajaran inkuiri adalah 68,16, dan untuk hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta konsep adalah 71,85. Dari daftar distribusi t didapat thitung = 4,1684 sedangkan ttabel = 2,0147. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, data yang didapatkan tidak cukup membuktikan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan menggunakan metode pembelajaran peta konsep adalah sama. Jadi, hipotesis Ho : μ1= μ2 ditolak dalam taraf nyata 0,05. Sehingga terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan metode inkuiri dan metode peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur mekanik presisi di kelas X Mesin Produksi SMK Negeri 2 Medan tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.807 19 Tam p |
Keywords: | Metode Pembelajaran Inkuiri; Peta Konsep; Hasil Belajar; alat Ukur Mekanik; IPA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19028 |