Sari, Anggraini Wulan (2014) HUBUNGAN MOTIVASI MENGIKUTI KURSUS DENGAN HASIL BELEJAR UJI KOMPETENSI LULUSAN KURSUS PLS ERVINA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509343002 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 509343002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM. 509343002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4. NIM. 509343002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
5. NIM. 509343002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
6. NIM. 509343002 TABLES.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
7. NIM. 509343002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
10. NIM. 509343002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (583kB) | Preview
14. NIM. 509343002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
9. NIM. 509343002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi Mengikuti Kursus dengan Hasil Belajar Uji Kompetensi. Kemudian untuk mengetahui tingkat kecenderungan motivasi mengikuti kursus dengan hasil belajar uji kompetensi lulusan kursus. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah 40 orang lulusan PLS Ervina tahun 2013 yang berada di kotamadya Medan. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara acak (Random Sampling). Data variabel motivasi mengikuti kursus dijaring dengan menggunakan angket sedangkan data hasil belajar kompetensi dasar diambil melalui dokumentasi nilai ijazah. Hasil uji coba angket motivasi mengikuti kursus dari 40 butir angket yang tidak valid adalah 3 butir. Jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 37 butir angket dengan reliabilitas 1,012 yang termasuk pada kategori tinggi.Hasil analisis regresi linier sederhana Y= Y = 8,71 + 0,898 X diperoleh keberartian yang signifikan yaitu (18,8) > Ft (4,07). Dan diperoleh juga bentuk regresi yang linier yaitu Fh (0,0214) < Ftabel (2,06). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi mengikuti kursus terhadap hasil belajar uji kompetensi lulusan kursus PLS Ervina Medan rxy sebesar 0,398 dan rtabel = 0,312 pada taraf signifikan 5%. Hasil uji t diperoleh harga thitung = 9,76 dan ttabel = 1,681 pada taraf signifikansi 5%. Sementara itu diperoleh koefisien penentu determinasi sebesar 0,521 yang berarti bahwa 88,80% hasil belajar uji kompetensi dapat dipengaruhi oleh motivasi mengikuti kursus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.107 19 Sar h |
Keywords: | Motivasi; Manfaat; Prinsip-prinsip; Hasil Belajar; Kursusl; Uji Kompetensi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19018 |