Tambunan, Mamalini (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN DI SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071255420010 Judul.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
071255420010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
07125520010 Abstrak.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
071255420010 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071255420010 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071255420010 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
071255420010 Bab I.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
071255420010 Bab V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
071255420010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci siswa yang diajar dengan menggunakan metode Demonstrasi lebih tinggi dari hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci siswa yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan. Sampel dalam penelitian ini diambil 2 kelas dengan cara random sampling, kelas VII dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII dengan jumlah 30 orang sebagai kelas control. Data penelitian hasil belajar dikumpul dengan menggunakan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci siswa yang diajar dengan metode Demonstrasi adalah 78,01 dan rata-rata hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional adalah 73,38. Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci siswa yang diajar dengan metode Demonstrasi adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,1006 < LTabel 0,1618 dan data hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional adalah berdistribusi normal dimana LHitung 0,1252 < LTabel 0,1175 dan kedua varians data adalah Homogen karena Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Keterampilan Pembuatan Gantungan Kunci kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode Demonstrasi lebih tinggi dari pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 38 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan nilai tHitung 2,62 > tTabel 1,67.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 745.207 12 Tam p |
Keywords: | Metode Demonstrasi; Metode Konvensional; Gantungan Kunci; Kain Flanel; Tusuk; Tusuk Festoon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jul 2019 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19015 |