Yanti, Nova (2014) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MERAWAT BADAN BERBASIS MACRO MEDIA FLASH PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 509344020 COVER .pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. NIM. 509344020 APPRPOVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
3. NIM. 509344020 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 509344020 PREFACE .pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 509344020 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
6. NIM. 509344020 TABLES .pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 509344020 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
10. NIM. 509344020 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
9. NIM. 509344020 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media animasi perawatan badan berbasis macro media flash untuk kelas XI Tata Kecantikan Kulit SMK Negeri 8 Medan. Penilitian ini dilakukan di SMK Negeri 8 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and depelopment, yakni penelitian ini termasuk penelitian pengembangan pendidikan yang dimaksudkan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Subjek penelitian dalam pengembangan produk media animasi berbasis macro media flash adalah 2 orang validasi ahli materi, 2 orang validasi ahli media pembelajaran dan siswa kelas XI SMK Negeri 8 Medan yang berjumlah 29 siswa. Instrument pengumpulan data pada pengembangan ini berupa lembar angket yang disebarkan oleh ahli materi dan ahli media pembelajaran dan lembar soal pilihan berganda disebarkan kepada siswa. Hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi skor keseluruhan pada aspek kelayakan materi pembelajaran memperoleh skor 80% dan pada aspek penyajian materi memperoleh skor 88%. Skor keseluruhan yang diperoleh dari ahli materi pembelajaran berjumlah 84% dengan kriteria baik. Hasil skor yang diperoleh dari ahli media pembelajaran pada aspek kelayakan isi memperoleh skor 87%, aspek penyajian media pembelajaran memperoleh skor 79%, dan pada aspek penilaian bahasa memperoleh 79%, dan penilaian media animasi berbasis macro media flash memperoleh skor 83%. Secara keseluruhan skor yang diperoleh dari ahli media pembelajaran berjumlah 82% dengan kriteria baik. Hasil skor yang diperoleh dari uji coba lapangan pada siswa memiliki dua cara penilaian dimana cara penilaian pertama tidak menggunakan media animasi berbasis macro media flash (pretest) memiliki skor ketuntasan dalam belajar 38% dan pada penilaian kedua setelah menggunakan media animasi berbasis macro media flash (posttest) memiliki skor ketuntasan belajar 79%. Dengan demikian dari hasil pembelajaran menunjukkan bahwa adanya peningkatan belajar siswa setelah mengembangkan media animasi berbasis macro media flash pada pelajaran perawatan badan.Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa media animasi berbasis macro media flash pada pelajaran perawatan badan yang dikembangkan termasuk dalam kriteria baik, untuk itu disarankan kepada guru – guru untuk selalu memanfaatkan media sebagai alat bantu pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 646.750 9 Yan p |
Keywords: | Media Pembelajaran; Animasi Macro Media Flash; Perawatan Badan; Lulur; Diagnosis; Prosedur Pelaksanaan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT495 Human body and its parts. Personal beauty |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/19012 |