Naibaho, Herbin (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGUASAI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA (MDDE) PADA SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK AUDIO-VIDEO DI SMK NEGERI 1 SIPISPIS 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 508131029 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3. NIM 50813109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4. NIM 508131029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM 508131029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM 508131029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM 508131029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 508131029 Bab I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM 508131029 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
14. NIM 508131029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas X Audio Video SMK N 1 Sipispis pada mata diklat Menguasai Dasar-Dasar Elektronika (MDDE). Peneliti melihat rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Standar Ketuntasan Belajar ( ≥7 dan jumlah yang lulus sebanyak 60%). Nilai rata-rata siswa adalah 6.2 selain itu jumlah siswa yang lulus hanya 6 orang dari 22 siswa (27,27%), Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pengajaran dan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching ang Learning). Pengajaran dan Pembelajaran kontekstual (CTL) ini melibatkan 7 (tujuh) aspek yaitu : 1)kontruktivis, 2)menemukan (inquiry), 3)bertanya (questioning), 4)masyarakat belajar (learning community), 5) pemodelan (modelling), 6)refleksi (reflection), 7)penilaian otentik (authentic assesment). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dengan rancangan penelitian The One Shot Case Study. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X Audio Video dengan jumlah siswa 22 orang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifkan dengan menggunakan metode pembelajaran kontekstual pada mata diklat MDDE.Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan tes objektif, dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel Gaya Belajar, sedangkan untuk variabel Kemampuan Berpikir Logis dan Hasil Belajar MDDE dijaring dengan menggunakan tes objektif berbentuk pilihan berganda. Dari hasil penelitian tersebut dapat dilihat terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata diklat MDDE di SMK Prayatna Medan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kontekstual (CTL) di kelas X SMK Negeri 1 Sipispis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Setelah melihat hasil dari penelitian ini maka disarankan para tenaga pendidik khususnya di sekolah kejuruan teknik dapat menerapkan metode pembelajaran CTL ini pada mata diklat produktif lainnya. Dan untuk selanjutnya kepada rekan-rekan mahasiswa untuk dapat menerapkan metode CTL ini pada mata diklat produktif lainnya untuk penelitian lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 621.381 071 9 Nai p |
Keywords: | Hasil Belajar MODE; Kontekstual; CTL; Inquiry; Kontruktivisme |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 02 Sep 2016 04:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2019 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18998 |