PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYULAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BIRU �

Ginting, Aderni Ribka Br (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MENYULAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BIRU �. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecendrungan hasil belajar siswa yang menerima pelajaran melalui Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya, mengetahui kecendrungan hasil belajar siswa melalui Strategi Konvensional dan pengaruh Strategi Tutor Sebaya terhadap peningkatan hasil belajar menyulam pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Biru – Biru Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen yaitu penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Biru-Biru Tahun Ajaran 2013/2014 yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya yaitu sebanyak 32 orang.Data penelitian ini dijaring melalui lembar pengamatan untuk Hasil Belajar Menyulam. Validasi lembar pengamatan divalidasi oleh validator yang berkompeten, selanjutnya lembar pengamatan diobservasi oleh observer yang berkompeten dibidang teknik sulaman. Berdasarkan hasil pengamatan Hasil Belajar Menyulam ditemukan bahwa Fo = 0,771 dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% dan dk = 4 : 45, diperoleh Ftabel = 2,575, sehingga diketahui Fo < Ft (0,771 < 2,575). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima orang observer (pengamat) atau dapat diartikan bahwa butir-butir komponen tentang Hasil Belajar Menyulam dapat digunakan untuk menjaring data penelitianBerdasarkan uji persyaratan analisis, sebaran data Hasil Belajar Menyulam dengan menggunakan strategi Tutor Sebaya dan Hasil Belajar Menyulam dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas dilakukan dengan kesamaan dua varians maka diperoleh bahwa &#61539;2hitung < &#61539;2tabel, yaitu 1,1331 < 3,841 menunjukkan bahwa variansi populasi adalah homogen.Hasil analisis data menunjukkan bahwa Hasil Belajar Menyulam dengan menggunakan strategi Tutor Sebaya cenderung tinggi dan Hasil Belajar Menyulam dengan menggunakan strategi pembelajaran Konvensional pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Biru – Biru cenderung cukup. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini digunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil perhitungan terlihat bahwa t hitung antara X1 dan X2 sebesar 4,756 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan dk = 64 -1 sebesar 1,669 terlihat thitung > ttabel yaitu (4,756 > 1,669). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis maka hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima. Dengan demikian dinyatakan bahwa Strategi pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Menyulam Pada siswa VIII SMP Negeri 1 Biru – Biru Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 746.440 280 71 Gin p
Keywords: Hasil Belajar;Strategi Pembelajaran;Tutor Sebaya;Strategi konvensianal;Keterampilan Menyulam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 18 Jul 2019 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item
View Item